Home » » DOA NURBUAT LENGKAP DENGAN LATIN DAN ARTINYA

DOA NURBUAT LENGKAP DENGAN LATIN DAN ARTINYA

DOA NURBUAT LENGKAP DENGAN LATIN DAN ARTINYA - Do'a Nurbuat merupakan bacaan yang mengandung do'a. Ia terdiri dari tiga bagian. Pertama merupakan pujian kepada Allah swt. dengan menyebutkan sifat dan perbuatan-perbuatannya.

Kedua merupakan bacaan Al-Qur'an yang berkaitan dengan perbuatan-perbuatan Allah swt yang memiliki kekuasaan yang tidak tertandingi dan tidak terkalahkan. Tidak akan ada yang akan sanggup mengungguli-Nya karena Dia adalah Tuhan yang tidak ada sekutu bagi-Nya.


Ketiga adalah do'a. Ini berisi harapan terkabulnya kebaikan-kebaikan yang diinginkan dan diyakini memiliki manfaat. Diantaranya dengan menyebutkan potensi yang menguatkan dilakukannya amal shalih seperti panjang umur, sehat, dan kemudahan.

Do'a Nurbuat boleh diamalkan. Meskipun diyakini bukan do'a yang diajarkan oleh Rasulullah saw., namun do'a ini tidak mengandung kemunkaran. Dan dibolehkan berdo'a dengan bahasa manapun asalkan itu tertuju kepada Allah swt. dan memperhatikan adab-adabnya.

Yang lebih baik lagi adalah membaca do'a yang diajarkan sendiri oleh Allah swt., kemudian disampaikan oleh Rasulullah saw..

Do'a yang diajarkan langsung oleh Allah swt. kemudian oleh Rasulullah swt. lebih tepat dalam redaksi dan maknanya. Karena manusia tidak akan mampu menyifati Tuhannya secara tepat. Bahkan memuji Tuhan pun tidak seperti pujian Tuhan terhadap dirinya.

Baik, inilah do'a Nurbuat yang tadi dibicarakan;


Bacaan Arab Do'a Nurbuat


اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ،وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِهِ 
وَأَصْحَابِهِ وَأَتْبَاعِهِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ


Teks Latin Do'a Nurbuat


Allohumma dzis sulthoonil ‘azhiim wa dzil mannil qodiimi wa dzil wajhil kariimi wa waliyyil kalimaatit taammaati wadda ‘awaatil mustajaabati wa ‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi ‘ainil qudroti wan naazhiriina wa ‘ainil insi waljinni wasysyayaathiin, waiyyakaadulladziina kafaruu la yuzliquunaka bi abshoorihiim lammaa sami’udz dzikro wayaquuluuna innahu la majnuunun wamaa huwa dzikrul lil’aalamiin, wa mustajaabul luqmaanil hakiimi wawaristsa sulaimanu daawuuda ‘alahimas salaamu ya waduudu yalloohu ya dzal ‘arsyl majiidi ya fa’ aalu limaa yuriidu thowwil ‘umrii washohih jasadii wa aulaadii wa habbib linnaasi ajma’iin. Wa tabaa ‘adil ‘adaa wata kullahaa mim banii aadama ‘alahis salaamu man kaana hayyaaw wayahiqqol qoulu ‘alal kafiriin. Waqul jaa-al haqqu wa zahaqol baathila innal baathila kaana zahuuqo. Wa nunazzilu minal qur’aani maa huwa syifaa-uw warohmatul lilmu-miniin. Wa la yaziiduzhoolimiina illa khosaaro. Subhaana robbika rabbil ‘izzati ‘ammaa yashifuna wa salaamaun ‘alal mursaliina wal hamdulillahi rabbil ‘aalamiin…
Washsholallohu ‘ala sayyidinaa wa’alaa alihi wa ashhabihi ila yaumiddiin.

Arti Do'a Nurbuat

Ya Allooh, Zat Yang memiliki kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang terdahulu, memiliki wajah yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang haq, dari pandangan mata yang memandang, dari pandangan mata manusia dan jin. 

Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka, ketika mereka mendengar Al-Quran dan mereka berkata: “Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang yang gila, dan Tiadalah itu semua melainkan sebagai peringatan bagi seluruh alam. Allah yang mengabulkan do’a Luqmanul Hakim dan mewariskan Sulaiman bin Daud A.S. Allah adalah Zat Yang Maha Pengasih lagi memiliki singgasana yang Mulia, panjangkanlah umurku, sehatlah jasad tubuhku , kabulkan hajatku, perbanyakkanlah harta bendaku dan anakku, cintakanlah semua manusia, dan jauhkanlah permusuhan dari anak cucu Nabi Adam A.S., orang-orang yang masih hidup dan semoga tetap ancaman siksa bagi orang-orang kafir. Dan katakanlah: “Yang haq telah datang dan yang batil telah musnah, sesungguhnya perkara yang batil itu pasti musnah”.

Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan Al-Quran tidak akan menambah kepada orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian. Maha Suci Allah Tuhanmu Tuhan Yang Maha Mulia dari sifat-sifat yang di berikan oleh orang-orang kafir.Dan semoga keselamatan bagi para Rasul.Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

Terima kasih.
Wabillahit taufiq wal hidayah.

0 komentar:

Post a Comment